Contoh Teks Ceramah Topik : Biografi Tokoh terkenal


Teks Ceramah
Topik : Biografi Tokoh Terkenal
Tujuan Umum : Persuasif (Mengajak)
Tujuan Khusus : Mengajak Para Hadirin Untuk Belajar Dari B.J. Habibie

          Selamat pagi, Salam Sejahtera untuk Kita semua. Disini saya akan membicarakan tentang B.J. Habibie. Bacharuddin Jusuf Habibie atau yang biasa dipanggil B.J. Habibie lahir di Pare-pare, Sulawesi Selatan, pada 25 Juni 1936. Beliau merupakan anak keempat dari delapan bersaudara, pasangan Alwi Abdul Jalil Habibie dan R.A. Tuti Marini Puspowardojo. Habibie menikah dengan Hasri Ainun Habibie pada tanggal 12 mei 1962 ini dikaruniai dua orang putra yaitu Ilham Akbar Dan Thareq Kemal.
          Siapa sih yang tidak mengenal B.J. Habibie?. Sosok inspiratory kaum mudah yang satu ini merupakan sosok yang tidak menyia-nyiakan waktu. Beliau memanfaatkan waktunya hanya untuk belajar dan beribadah. Selama kuliah di Jerman, Beliau dikenal sebagai sosok yang aktif berorganisasi serta ramah dengan semua orang. Hal itu dibukti dengan kebiasaanNya yang sering mengobrol dengan penjual-penjual atau penyapu jalan menuju kampus dan tempat ia tinggal.
          Tidak hanya mengobrol, Habibie pun tak sungkan untuk duduk bersama penyapu jalan di trotoar agar lebih santai untuk mengobrol, hal ini dikutip dari salah satu buku biografinya yang berjudul The True Life Of B.J. Habibie. Beliau pernah mengabdikan seluruh hidupnya demi negaranya, meskipun keberadaannya lebih dihargai di Jerman. Pada tahun 1973, Ia berhasil menjabat sebagai vice president sekaligus directur teknologi di salah satu perusahaan pesawat Jerman (MBB). Namun ditengah kesuksesannya, Ia dipanggil pulang ketanah air oleh presiden Soeharto.Tanpa memandang jabatan, Habibie dengan mantap bersedia memenuhi panggilan presiden soeharto untuk pulang ke Indonesia.
          Pada masa Pemerintahan Pak Harto, terjadi krisis ekonomi yang melanda Indonesia. Perekonomian Indonesia pada saat itu mengalami kekacauan, sehingga presiden Soeharto kehilangan kepercayaan dari rakyat dan digantikan oleh B.J. Habibie. B.J. Habibie menggantikan Soeharto yang mengundurkan diri dari jabatan presiden pada tanggal 21 Mei 1998. Jabatannya digantikan oleh Gus dur yang terpilih sebagai presiden pada 20 Oktober 1999 oleh MPR hasil pemilu 1999. Dengan menjabat selama 2 bulan dan 7 hari sebagai wakil presiden dan 1 tahun 5 bulan sebagai presiden, B.J. Habibie merupakan wakil presiden dan presiden Indonesia dengan masa jabatan terpendek.
          Keberhasilan B.J. Habibie menciptakan pesawat CN 35 yang mampu melakukan short take off and landing hanya 400 meter. Keberhasilan tersebut merupakan prestasi tanpa tanding kelasnya di dunia. Selain itu di bidang persenjataan, PINDAD yang dipimpin oleh Habibie mampu menciptakan senjata yang mempunyai jarak tembak 1000 M dan sangat akurat. Senjata produk barat hanya mampu 750 M jarak tembaknya.
          Meskipun terdapat berbagai kemajuan dan keberhasilan yang dicapai oleh pemerintahan Habibie. Gerakan politik B.J. Habibie mentok di sana-sini dan pemerintahannya pun tumbang dalam siding umum 1999. Belum ada dua tahun masa jabatannya menjadi presiden, Timor timur terlepas dari Indonesia. Kemudian pada tanggal 20 Oktober 1999, ketua MPR  Amien Rais menutup rapat paripurna sambil mengatakan “ dengan demikian, petanggungjawaban Presiden B.J. Habibie ditolak.” Pada hari yang sama Presiden Habibie mengatakan bahwa dirinya mengundurkan diri dari pencalonan presiden.
          Hadirin yang berbahagia, marilah kita belajar dari B.J. Habibie yaitu : mencintai tanah air, Indonesia. Habibie meninggalkan kesuksesan Beliau di Jerman untuk berkontribusi di negaranya sendiri. Selain itu B.J. Habibie merupakan seorang pekerja keras. Hal ini terbukti pada saat ayahnya meninggal di Makasar. B.J. Habibie pun melanjutkan pendidikannya di Jerman.

Oleh
Yohyos.s

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

LAPORAN TEKS HASIL OBSERVASI

Contoh Teks Prosedur Cara Membuat Nasi Goreng