Contoh Teks Eksplanasi


Contoh Teks Eksplanasi
Judul : Kecanduan Game
Latar Belakang kejadian :
          Setelah mempertimbangkan banyak hal, organisasi kesehatan dunia (WHO) resmi menetapkan kecanduan game atau gane disorder sebagai penyakit gangguan mental. Hal ini setelah WHO menambahkan kecanduan game dalam versi terbaru International Statistical Classinfication Of  Diseases (ICD), Senin (18/06/2018).
         
Dirangkap Science Alert, kecanduan game bisa disebut penyakit bila memenuhi tiga hal :
·        Seseorang tidak bisa mengendalikan kebiasaan bermain game.
·        Seseorang mulai mempriotaskan game diatas kegiatan lain.
·        Seseorang terus bermain game meski ada konsekuensi negatif yang jelas terlihat

“Bermain Game disebut sebagai gangguan mental hanya apabila permainan itu mengganggu atau merusak kehidupan pribadi, keluarga, sosial, pekerjaan dan pendidikan. Menurut WHO.”

Penyebab :
          Radar Family sudah merangkum beberapa penyebab anak bisa kecanduan game:
1.     Seperti punya dunia sendiri
Game memberikan efek kesenangan bagi anak-anak. Sehingga anak-anak pun melupakan yang namanya belajar. Sehingga karena rasa bebas (tidak ingat belajar) inilah yang menyebabkan mereka betah bermain game.
2.     Mudah diakses
Walaupun di beberapa game permainannya yang sulit dan lumayan ribet, tetapu hal ini tetap saja bagi meraeka sebuah kesenangan sendiri. Apalagi sekarang, zaman sekarang telah bermunculan jutaan game yang mudah diakses, baik dari gadget maupun tempat-tempat game centre. Karena kemudahan inilah mereka akan sangat cepat beradaptasi dengan game-game ini sehingga menyebabkan kecanduan.

Komentar :
Nah, itu tadi beberapa penyebab anak bisa kacanduan game. Bermain game boleh tetapi jangan lupa pada kehidupan pribadi, social, agama, dan keluarga.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LAPORAN TEKS HASIL OBSERVASI

Contoh Teks Ceramah Topik : Biografi Tokoh terkenal

Contoh Teks Prosedur Cara Membuat Nasi Goreng